Web hosting

SPONSOR

PESAN DINDA

Sebab hatimu teralingi, maka pandanganmu pada-Nya terhalangi. Padahal mestinya dirimu menyadari bahwa Allah adalah sumber keberadaan. Tetapi dirimu malah terpaku pada keberadaan makhluk-Nya. Dirimu seperti orang yang terpana pantulan cahaya hingga mengabaikan sumber cahaya.
Dirimu terjebak oleh persepsi dan ilustrasimu sendiri. Sadarlah, dunia dengan segala pengalaman dan peristiwa yang dialami hanyalah sebentar.
DIA-lah yang abadi.

By. Dinda Fitty
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 05 Agustus 2011

Waspada Terhadap Bahan Pembuat Kue !!!


Seperti kue keju, brownies, putri salju, kue coklat, lidah kucing, dahlia, domino, atau nastar , kue kering sering menjadi pilihan banyak keluarga. Untuk membuat kue-kue tersebut, ada baiknya melihat secara seksama kehalalan bahan-bahan yang akan digunakan. Selain terigu sebagai bahan utama, dalam membuat kue ini juga digunakan bahan-bahan tambahan lainnya seperti margarin, shortening, baking powder, TBM, SP, ovalet dan lain-lain.

Mengenal Bahan-Bahan kue
=================

*Soda Kue/Baking Soda
Merupakan komponen baking powder, kandungannya adalah sodium bicarbonat. Sifat bahan ini mengeluarkan gas (CO2) sehingga kue akan mengembang. Untuk membuat cake, penggunaannya biasanya bersamaan dengan baking powder. Untuk kue kering, soda kue memberikan efek tekstur kering, garing, dan renyah. Untuk membuat cake, menggunakan baking powder saja sebenarnya
sudah cukup.

*Ovalet & TBM
Ovalet, TBM, dan SP merupakan merek dagang. Pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai bahan pelembut atau emulsifier dalam membuat cake, sehingga fungsinya bisa saling menggantikan dalam adonan cake.
Fungsinya sebagai emulsifier sehingga adonaan jadi lebih lembut.
Jika hasil pengocokkan adonan cake dengan menambahkan ovalet atau TBM kurang stabil, maka cake yang dihasilkan jadi kurang lembut dan kurang  maksimal.
TBM yang merupakan nama dagang merupakan bahan yang berisi mono dan digliserida (MG/DG).MG atau DG dapat berasal dari bahan-bahan yang berasal dari hewan atau pun tanaman ataupun campuran keduanya. Dari segi kehalalannya TBM perlu dipertanyakan, yaitu sumber MG dan DG yang digunakan.

*Baking Powder
Baking powder merupakan bahan pengembang (leavening agent), yang terdiri dari campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Sifat zat ini jika bertemu dengan cairan/air dan terkena panas akan membentuk karbondioksida.
Karbondioksida inilah yang membuat adonan jadi mengembang. Untuk efek maksimal, gunakan double acting baking powder. Baking powder berfungsi untuk mengembangkan kue atau cake.
Proses atau sumber bahan yang digunakan untuk menghasilkan baking powder dari segi kehalalannya aman.

* Shorthening
Shortening adalah lemak yang berasal dari hewan atau tanaman. Shortening berfungsi untuk memotong benang-benang gluten yang menyebabkan produk yang dihasilkan teksturnya menjadi lembut dan renyah. Di pasaran shortening ini biasa dikenal dengan mentega putih.
Saat ini banyak sekali jenis shortening yang dijual di pasaran, tergantung penggunaan yang akan dituju. Misalnya untuk pembuatan pastry, roti manis, dan lainnya.
Dari sumbernya, shortening bisa berasal dari lemak nabati, hewani atau bahkan campuran lemak hewani dan tumbuhan. Oleh karenanya bahan ini perlu dicermati dari mana asal lemaknya.

*SP
Sifatnya melembutkan tekstur cake dan membuat adonan lebih menyatu. Kandungan SP adalah gula ester. Esternya adalah asam lemak seperti asam steart, palmitic, dan oleic. Penggunaan SP lebih direkomendasikan dalam pembuatan cake, karena hasil pengocokkan adonan bisa lebih stabil, sehingga hasilnya lebih maksimal.

Cream of Tar-Tar
Krim ini membantu mengeluarkan gas dalam adonan cake, agar lebih mengembang. Biasanya digunakan saat mengocok putih telur agar lebih kaku. Kandungannya merupakan garam potassium (kalium) dan asam tartaric.
Komposisi SP seperti yang dicantumkan pada kemasannya adalah Ryoto ester (gula ester). Dimana esternya merupakan asam lemak. Asam lemak seperti asamstearat, palmitat dan oleat dapat berasal dari hewan ataupun tumbuhan.Karenannya dari segi kehalalannya bahan ini juga termasuk salah satu
yang diragukan.

*VX
Bahan tambahan makanan yang sifatnya melembutkan ini tidak mengembangkan. Komposisinya sodium bicarbonat, sodium acid picorofosfat, dan sari pati jagung.VX biasanya digunakan untuk mengembangkan adonan cake dan melembutkan secara maksimal.
Bentuknya berbeda dengan TBM, SP dan Ovalet yaitu berbentuk serbuk putih. Jika ditinjau dari komposisi yang dikandungnya maka VX berfungsi sebagai pengembang bukan sebagai pelembut sebagaimana klaim yang ada pada kemasannya.Jikaditinjau dari komposisi bahan yang dikandungnya, maka dari segi kehalalannya produk ini aman.

* Margarin
Asal muasal margarin dibuat sebagai substitusi (bahan pengganti) untuk mentega. Pada beberapa kasus, seperti cake margarine, hampir 10 persen mentega ditambahkan sebagai campuran cake margarine. Adapun pembuatan margarine dengan menggunakan lemak tumbuhan yang kemudian ditambahkan dengan bahan lainnya seperti emulsifier, flavor, dan pewarna. Perbedaan margarin dan shortening adalah pada kadar airnya. Margarin masih mengandung air hingga 9 persen, sedangkan shortening semua bahannya adalah lemak baik hewan maupun tumbuhan serta kandungan airnya hampir tidak ada, atau mendekati nol. Dari segi kehalalannya, bahan tambahan yang digunakan dalam pembuatan margarin, seperti flavor, emulsifier, dan pewarna haruslah dicermati.

*Ragi Instan/Yeast/Biang Donat
Merupakan satu bahan dengan nama yang berbeda. Ragi isinya adalah mahluk hidup golongan khamir, yaitu saccaromyces cerevisiae. Mikroorganisme bersel
satu inilah yang selama proses fermentasi pada adonan roti mengubah karbohidrat menjadi gas karbondioksida. Zat ini yang membuat adonan roti, donat, atau bakpau menjadi mengembang.
Hanya dapat digunakan untuk adonan roti, bukan cake, atau kue kering. Dijual dengan merek dagang, salah satunya Fermipan.

Bread Improfer
Bahan ini ditambahkan pada adonan untuk meningkatkan kualitas roti.
Roti jadi lebih empuk, lebih lembap, seratnya lebih halus, fermentasi makin singkat, dan memperpanjang daya simpan. Terbuat dari berbagai macam campuran bahan aktif, seperti pelunak gluten, makanan ragi, enzim, dan emulsifier.
=========
Produk – produk dibawah ini Insya Allah sudah sertifikat halal :

    - Butter : orchid, golden fern dr fonterra, bakers mix
    - parmesan : anchor
    - mozarela : pakai anchor juga
    - edam : merk anchor ada tapi jenis kejunya ternyata yang muda berbeda dengan edam merk lain. Untuk kastengels lebih baik pakai parmesan anchor saja.
    - Emulsifier yang beredar di pasaran seperti Ovalet,TBM,SP,VX.  Sering dijual dalam bentuk kemasan bungkus. Pastikan kehalalannya, bila dijual dalam kemasan bungkus (repackaged),minta tunjukkan kemasan kalengnya (pail).Emulsifier yg sudah terdaftar: sponge-28, quick 75, VIVID SP Cake Emulsifier.

    - Ragi instant/Bread Improfer :
      Fermipan Brown, Fermipan Red, Golden Speed, Mondeal, Hollandia. Produk ini diproduksi oleh GB. Ingredients.
      Pinnacle Compresed, Luxe, Mauripan, Pinneacle Ragi, Lucky Instant, Active Dry. Diproduksi oleh PT Indo Fermex.

Note Tambahan:
Info ttg Kuas Kue:
Kuas menjadi catatan penting dalam membuat kue karena fungsinya yang penting dalam proses pembuatan kue. Biasanya kuas digunakan untuk mengoles loyang atapun mengoles telur atau bahan lain di permukaan kue. Hindari penggunaan kuas yang terbuat dari bulu atau rambut karena dapat berasal dari hewan apa saja. Bahkan kuas impor yang banyak beredar punya peluang berasal dari bulu babi.
Bahan pembuat kuas dapat dikenali dengan cara membakarnya. Jika berbau rambut terbakar, maka dapat dipastikan bahwa kuas tersebut berasal dari rambut atau bulu. Pilihan yang aman adalah menggunakan kuas plastik, meskipun hasil pulasannya tidak secantik kuas bulu.
sumber : auditor halal LP POM MUI.***
Daftar Belanja Produk Halal MUI Juli 2011

0 komentar:

Coment Via Facebook

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Von Edison Alouisci - Premium Blogger Themes | Blogger Templates